Friday, February 6, 2009

Catatan Ikan Lele

Kolam ini merupakan tempat budidaya ikan lele dumbo. Di tempat ini terdapat sekitar 15 kolam tanah, dengan ukuran 5 kali 30 meter, seluruhnya berisi ribuan ekor lele dumbo. Disini dipelihara ikan lele mulai dari bibit ukuran 1 inci, sampai ukuran 7 hingga 9 centimeter untuk konsumsi.
Kolam budidaya lele dumbo ini milik Pak Yoyo Siswoyo. Lokasinya di Desa Cimari, Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasinya, dari kota Ciamis, dapat ditempuh selama setengah jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.
Usaha budidaya lele dumbo ini telah digeluti Pak Yoyo sejak 12 tahun lalu di kolam tanah tempat pembesaran. Dia tetap bertahan di usaha ini karena masih menghasilkan keuntungan.
Di tempat ini budidaya lele dumbo dilakukan mulai dari pembenihan. Proses pemijahan dilakukan di kolam khusus yang terbuat dari semen. Untuk proses pemijahan dipilih indukan ikan lele yang setiap ekornya memiliki berat 3 sampai 4 kilogram.
Induk jantan dan betina disatukan di dalam kolam dan ditutupi ijuk, hingga indukan betina bertelur. Setelah menetes, anakan ikan lele usia 2 minggu dilakukan penyortiran. Hanya bibit terbaik saja yang akan dilakukan proses pembesaran.
Bibit lele ukuran seperti ini sudah laku dijual. Untuk 5 sampai 15 centimeter dihargai mulai dari 150 hingga 500 rupiah per ekornya. Anakan ikan lele yang telah dipilih kemudian dipindahkan ke kolam pembesaran.
Usaha budidaya lele dumbo ini sangat menguntungkan. Ikan yang dipelihara lebih cepat besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Hanya dalam waktu tiga bulan, ikan lele sudah dapat dipasarkan. Pasarnya tidak pernah sepi. Terutama untuk warung pecel lele.
Ikan lele yang paling banyak diminati adalah yang berukuran 8 ekor untuk satu kilogram. Harganya berkisar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah kilogram. Proses pengambilan ikan lele dari kolam dilakukan setelah kolam dikeringkan.
Namun pada musim kemarau seperti sekarang, karena terbatasnya debit air, pengambilan ikan lele dilakukan dengan menggunakan jaring serok.
Ternyata mengambil ikan lele dengan cara diserok tidak mudah. Saya mencoba berkali - kali tetap saja gagal. Ikan lele dumbo yang dihasilkan dari kolam budidaya ini dipasarkan ke sekitar wilayah Jawa Barat, seperti Bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan Sumedang.
Kesuksesan Pak Yoyo membudidayakan ikan lele dumbo telah mendorong warga sekitarnya yang sebelumnya bekerja sebagai petani sawah, untuk menggeluti usaha yang sama

1 comment:

  1. tolong di informasikan alamat lengkap & no Handphone-nya Pa....terimakasih

    ReplyDelete